-->

Ads (728x90)

Bunyi Sirene Panjang Menjadi Pertanda Dimulainya Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 78 Tahun 2023
Bupati Aunur Rafiq saat memimpin upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 78 Tahun 2023 di Panggung Putri Kemuning Coastal Area Kabupaten Karimun, Kamis (17/8) (Robert/Peristiwanusantara.com).

By Robert

KARIMUN, Peristiwanusantara.com
–  Upacara peringatan detik-detik Proklamasi dan Pengibaran Bendera Merah Putih berlangsung penuh khidmat di Panggung Putri Kemuning Coastal Area Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (17/8).

Bunyi sirine panjang menjadi pertanda dimulainya upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 78 Tahun 2023 tersebut.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Bupati Karimun Aunur Rafiq, sedangkan bertindak sebagai Perwira Upacara adalah Kapten. CPL Eka S Nasution dan Komandan Upacara adalah Lettu Inf. Difta Novian sementara Letda Inf Bentar bertindak sebagai Komandan Paskibraka.

Setelah suara sirine dihentikan, kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa pahlawan yang gugur demi mempertahankan Kemerdekaan RI dari penjajah.
Pembacaan naskah Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Karimun, Muhammad Yusuf Sirat.
Naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia ini pertama sekali dibacakan oleh Ir Soekarno pada 17 Agustus 1945. Pembacaan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia ini sekaligus menjadi tanda berakhirnya masa penjajahan.

Selanjutnya Tim Pengibar Bendera Merah Putih melaksanakan tugasnya mengibarkan Bendera Merah Putih yang diiringi menyanyikan lagu Indonesia Raya yang merupakan lagu kebangsaan Indonesia.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 ini mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju"
Setelah selesai memimpin upacara ini, Bupati Karimun kepada wartawan mengatakan makna dari tema peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 ini sebagai gambaran pencapaian yang sukses diraih sehingga posisi Indonesia menguntungkan dalam melanjutkan gerak pembangunan negara.

“ Melalui tema tersebut, diharapkan dapat menjadi dorongan bagi bangsa Indonesia, khususnya Kabupaten Karimun untuk terus bergerak maju,” katanya.

Setelah mengikuti rangkaian upacara ini, Bupati Aunur Rafiq beserta Forkompinda Karimun bertolak  ke Lanal Tbk untuk melakukan tabur bunga. (Bert)


Editor : Ismanto

Posting Komentar