-->

Ads (728x90)

Babinsa Dedi Sumaedi Sosialisasikan Dampak Karhutla kepada Kadus dan Anggota BPD
Babinsa Desa Pengadah Sertu Dedi Sumaedi saat Komsos dengan warga mensosialisasikan bahaya Karhutla (Peristiwanusantara/ Bernard).

By Bernard
 
NATUNA, Peristiwanusantara.com
- Disetiap kesempatan, Babinsa Desa Pengadah Sertu Dedi Sumaedi, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna selalu mensosialisasikan dampak dan bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada masyarakat.

Seperti pada Senin (05/06/2023) kemarin, Babinsa Dedi Sumaedi mensosialisasikan dampak Karhutla saat melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) dengan Kadus 2 Hasan, Anggota BPD Supriyanto, RT/RW, beserta masyarakat di Dusun 2, RT 03/RW 01, Desa Pengadah, Kecamatan Bunguran Timur Laut.
 
Ketika itu, masyarakat yang sedang melakukan gotong-royong membangun rumah permainan gasing tepatnya di RT 03/RW 01 Desa Pengadah.

Kepada mereka, Sertu Dedi Sumaedi mengatakan kebakaran hutan dan lahan berdampak pada rusaknya ekosistem dan menyebabkan musnahnya flora dan fauna yang tumbuh dan hidup di hutan.

"Dampak lainnya dari asap yang ditimbulkan dapat menyebabkan penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), Asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronik, Penyakit Jantung serta iritasi pada mata, tenggorokan dan hidung. Kabut asap dari kebakaran hutan juga dapat mengganggu bidang transportasi, khususnya transportasi penerbangan," jelasnya.

Sertu Dedi Sumaedi menambahkan, tersebarnya asap dan emisi gas karbondioksida dan gas-gas lain ke udara juga akan berdampak pada pemanasan global dan perubahan iklim.

Kebakaran hutan mengakibatkan hutan menjadi gundul, sehingga tidak mampu lagi menampung cadangan air disaat musim hujan, hal ini dapat menyebabkan tanah longsor ataupun banjir.

"Selain itu, kebakaran hutan dan lahan juga mengakibatkan berkurangnya sumber air bersih dan bencana kekeringan, karena tidak ada lagi pohon untuk menampung cadangan air," terangnya.

Oleh karenanya, Sertu Dedi Sumaedi mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk tidak membuka lahan pertanian/perkebunan dengan cara membakar dalam upaya mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan yang lebih luas.

Ia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk sama-sama peduli dan berperan aktif dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. (Nard).


Editor  : Herry
 

Posting Komentar