-->

Ads (728x90)

Mengenal Olahan Mie Lendir, Makanan Khas Kepri yang Menggugah Selera
Asep sedang menyajikan Mie Lendir di warungnya, Minggu (28/5/2023) (Fhoto : Andre Syahputra/Peristiwanusantara.com) 


By Andre Syahputra
KARIMUN, Peristiwanusantara.com
- Mie Lendir begitulah sebutan untuk kuliner yang familiar dikalangan masyarakat Kepulauan Riau (Kepri). Olahan Mie Lendir salah satu makanan khas yang wajib dicoba apabila berkunjung ke Kepri.

Kuliner tersebut disebut Mie Lendir karena memiliki kuah dengan tekstur kental layaknya berlendir. Mie Lendir merupakan makanan yang cukup terkenal dan menjadi salah satu menu sarapan yang cukup digemari.

Untuk bahan dasarnya sendiri, Mie Lendir terbuat dari kacang tanah goreng yang dihaluskan lalu dipadukan dengan tepung kanji atau maizena serta gula merah.

Untuk penyajiannya, kuliner satu ini biasanya ditambahkan potongan telur rebus, sayur tauge serta ditaburi bawang goreng.

Terkait sejarah, Mie Lendir memilik banyak versi, sebagian masyarakat berpendapat kuliner itu pertama kali dibuat dan diperjual belikan secara keliling oleh pedagang Jawa.

Namun diversi berbeda, Mie Lendir dikenal secara luas sebagai hidangan tradisional yang berasal dari etnis Tionghoa yang menetap di Kepri.

Salah seorang penjual Mie Lendir di Karimun, Asep mengatakan ia telah berjualan kuliner tersebut dari turun temurun.

Ia mengatakan biasanya menjual Mie Lendir dari pagi hingga menjelang tengah hari saja. Menurutnya, Mie Lendir cocok untuk sarapan pagi.

"Sudah lama jualan ini, memang dari mbah (nenek) lalu dilanjutkan ke ibu dan diteruskan ke saya sampai sekarang," jelasnya, Minggu (28/5/2023).

Biasanya, dalam sehari Asep dapat membuat 100 hingga 200 porsi jualan, dengan harga Rp12.000 ribu per porsinya.

Anda penasaran silahkan datang ke warung Asep di Kelurahan Sei Lakam Kecamatan Karimun, untuk menikmati Mie Lendir racikannya. (Andre)

Editor : Herry

 

Posting Komentar