-->

Ads (728x90)

Ini Rekomendasi Pansus LKPJ Walikota Batam Tahun 2022 Terhadap Inspektorat dan BKPSDM
Anggota DPRD Batam saat mengikuti rapat paripurna di Ruang Sidang Utama DPRD Kota Batam, Rabu (10/5/2023)(Fhoto : Peristiwanusantara.com/Carles)

By Carles

BATAM, Peristiwanusantara.com - Peningkatan dan penambahan SDM baik dari segi kualitas dan kuantitas perlu ditingkatkan di lingkungan Inspektorat Kota Batam.
 
Hal tersebut disampaikan Aman S.Pd selaku Ketua Pansus LKPJ  Walikota Batam Tahun 2022 saat rapat paripurna dengan agenda Laporan Pansus pembahasan LKPJ Walikota Batam Tahun 2022 sekaligus pengambilan keputusan pada Rabu (10/5/2023) digelar di Ruang Sidang Utama DPRD Kota Batam.

Lebih lanjut Aman mengatakan Pansus juga merekomendasikan agar Inspektorat Kota Batam dalam menyusun program dan kegiatannya lebih inovatif sehingga dapat menjawab tantangan dan dinamika penyelenggaraan Pemerintah Daerah yang makin dinamis. jangan terjebak dengan program dan kegiatan yang bersifat rutinitas semata.

Selain itu, Pansus mengharapkan Inspektorat harus mampu mengidentifikasi dan mengantisipasi berbagai potensi pelanggaran, baik administrasi maupun kinerja. dengan kemampuan antisipatif tersebut, akan sangat membantu peningkatan kinerja di lingkungan Pemko Batam, dan memperkecil potensi pelanggaran.

Kemudian Aman mengatakan Pansus merekomendasikan agar Inspektorat melakukan audit terhadap pelaksanaan standar pelayanan minimum di berbagai OPD, terutama yang berkenaan dengan pelayanan publik, dan melaporkan hasil audit tersebut kepada Pansus pada kesempatan pertama.

Tata kelola pegawai di Pemko Batam perlu dioptimalisasi. hal ini dikarenakan masih diketemukan pegawai yang berada dan memangku jabatan tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kompetensinya. 

Selain itu, katanya, tidak termanfaatkannya program peningkatan kapasitas pegawai (ASN) melalui tugas belajar, hal ini sangat disayangkan. 

“ Untuk itu, Pansus merekomendasikan agar BKPSDM membuat kajian atas tata kelola pegawai di Pemko Batam dan penyebab tidak termanfaatkannya program tugas belajar, serta solusi yang ditawarkan. hasil kajian tersebut, disampaikan kepada pansus pada kesempatan pertama,” katanya. (Les)


Editor : Herry

 

Posting Komentar