-->

Ads (728x90)

DPRD Kota Batam Dukung Deklarasi Pencegahan Karhutla
Wakil Ketua I DPRD Kota Batam Muhammad Kamaluddin bersama Walikota Batam M Rudi dan Forkopimda Batam usai meneken deklarasi pencegahan Karhutla di Mapolresta Barelang, Kamis (4/5/2023) ( Fhoto : Carles/Peristiwanusantara.com)

By Carles

BATAM, Peristiwanusantara.com - Wakil Ketua I DPRD Kota Batam Muhammad Kamaluddin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta bersinergi dengan Forkopimda Kota Batam untuk menjaga kelestarian hutan.

Hal tersebut disampaikan Kamaluddin kepada sejumlah awak  media usai menghadiri upacara deklarasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan  (Karhutla)  di Mapolresta Barelang, Kamis (4/5/2023)

Kemudian Kamaluddin mengatakan DPRD Kota Batam sepenuhnya mendukung deklarasi tersebut untuk mencegah terjadinya Karhutla.

Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini juga menyebutkan saat ini iklim cuaca sangat ekstrim di Indonesia khususnya di Kota Batam yang diperkirakan berlangsung sampai Oktober 2023 mendatang.

“ Untuk itu, seluruh elemen  yang ada di Kota Batam harus mengantisipasi dan melakukan pencegahan agar jangan membuka kebun dengan cara membakar. Hal ini akan semakin memperparah cuaca panas,” katanya.

Upacara Deklarasi pencegahan Karhutla ini dipimpin oleh Walikota Batam Muhammad Rudi. Ia menyebutkan seluruh pihak di Kota Batam dituntut siap siaga menghadapi dan menanggulangi Karhutla.

Upaya pencegahan dilakukan melalui himbauan dan patroli secara terpadu dilakukan di tempat-tempat yang menjadi titik kerawanan Karhutla.

Untuk itu peralatan mendukung dan personel perlu disiapkan serta koordinasi dan cara bertindak antar instansi perlu disolidkan.

Menurut Rudi seluruh stakeholder di Kota Batam harus bisa bekerjasama dengan baik,  karena kejadian kebakaran lahan tidak mengenal batasan seperti hutan lindung, cagar biosfer, hutan tanaman industri dan perusahaan perkebunan.

Dalam deklarasi ini, Forkopimda Batam bersama berbagai  elemen masyarakat lainnya membubuhkan tanda tangannya di atas baliho sepanjang dua meter yang telah disiapkan oleh panitia. (les)


Editor : Herry

Posting Komentar