-->

Ads (728x90)

 

Nuryanto Imbau Pemudik Tidak Membawa Calon Pekerja yang Tidak Memiliki Keterampilan
Ketua DPRD Batam Nuryanto (Fhoto : Carles/Peristiwanusantara.com)

By Carles

BATAM, Peristiwanusantara.com – Mudik lebaran yang terjadi setiap tahun biasanya selalu diiringi dengan fenomena urbanisasi. Mereka yang tidak memiliki pekerjaan di kampung halamannya, akan menjadikan kota-kota besar sebagai tujuan utama untuk mencari kehidupan baru termasuk Kota Batam.

“ Bagi warga Batam yang melakukan mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah diimbau untuk tidak membawa saudara, kerabatnya yang tidak memiliki keterampilan kerja saat kembali ke Batam,” kata Ketua DPRD Batam Nuryanto saat ditemui awak media di Kantor DPRD Batam, Batam Centre.

Hal itu disampaikan Nuryanto agar tidak menimbulkan permasalahan sosial nantinya. Ia sangat menyayangkan sebagian besar dari pemudik membawa keluarga sahabat dan kerabatnya ke Batam tanpa memiliki keterampilan kerja yang memadai.

“ Saya menyampaikan ini bukan berarti saya menolak keberadaan calon tenaga kerja di Kota Batam, melainkan saya tidak ingin urbanisasi menimbulkan masalah baru karena pendatang tersebut tidak memiliki keterampilan atau skill sesuai yang dibutuhkan pasar kerja sehingga menghasilkan pengangguran-pengangguran baru,” katanya.

Kemudian Nuryanto menyampaikan bagi warga yang mau ke Batam diharapkan memiliki keterampilan kerja yang memadai agar cepat mendapat pekerjaan di Batam. 

“ Para calon tenaga kerja yang akan bekerja di Kota Batam diharapkan melakukan peningkatan kompetensi diri. Sehingga memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan dunia industry,” kata Nuryanto sembari mengatakan agar calon tenaga kerja sebelum mencari kehidupan baru di kota-kota besar terlebih dahulu mengikuti pelatihan vokasi di Balai Latihan Kerja (BLK), pelatihan peningkatan produktivitas, sertifikasi kompetensi, dan bursa kerja online.

Setiap calon pekerja, katanya, dapat mengakses berbagai pelatihan yang diadakan Pemerintah Daerah melalui BLK yang ada di daerah masing-masing. (les)

Editor : Herry




Posting Komentar