-->

Ads (728x90)

Buka Puasa Bersama Jadi Ajang Merekatkan Tali Persaudaraan Para Imigran di Batam
Anak-anak Imigran di penampungan Hotel Kolekta (Fhoto : Carles / Peristiwanusantara.com)


By Carles
BATAM, Peristiwanusantara.com
– Menjelang sore hari sambil menunggu waktu buka puasa, ratusan imigran duduk-duduk sambil bercengkrama di depan Hotel Kolekta yang berada di kawasan Lubuk Baja, Batam, Jumat (14/4/2023).

Pihak Organisasi Internasional for Migran (IOM) menunjuk Hotel Kolekta sebagai tempat penampungan para imigran tersebut. Mereka berasal dari Afghanistan, Sudan maupun Afrika dan sudah bertahun-tahun tinggal di bilik-bilik hotel tersebut.

Walau tinggal di tempat penampungan yang sama para imigran ini sepertinya hanya bergaul sesuai negara asalnya.

Dibulan Ramadhan ini, buka puasa bersama menjadi ajang merekatkan tali persaudaraan.  Aktifitas mereka selama Ramadhan melakukan kegiatan mengaji dan mengajarkan anak-anak mereka membaca Al Quran dan bahasa Inggris.

Setelah tiba waktunya, para imigran ini melakukan buka puasa bersama. Untuk imigran asal Sudan dan Afrika, khususnya para lelaki melakukan buka puasa bersama di halaman penampungan. Dengan membentang tikar mereka menikmati hidangan dan minuman yang disajikan.

Sedangkan bagi imigran asal Irak dan Afganistan lebih memilih berbuka puasa di kamar masing-masing.

Muhammad Ahmad imigran asal Afganistan mengatakan menu berbuka puasa mereka adalah roti. Meski menyukai masakan Indonesia namun roti tetaplah menjadi menu utama.

Ia mengaku tinggal di penampungan Hotel Kolekta sudah 4 tahun dan berharap untuk bisa tinggal di negara ketiga. (les)


Editor : Herry
 

Posting Komentar