-->

Ads (728x90)

BPOM Batam Temukan Makanan Takjil Mengandung Boraks yang Dijual di Pusat Bazar Ramadhan
BPOM Batam menguji sampel makanan takjil yang dijual di pasar Bazar Mega Legenda, Kamis (6/4/2023) (Fhoto : Peristiwanusantara.com)

By Carles

BATAM, Peristiwanusantaraa.com
– BPOM Batam telah menguji 150 sampel makanan takjil yang dijual di 6 titik pasar bazar Ramadhan yang ada di Kota Batam, Kamis (6/4/2023).

Dari 150 sampel yang diuji masih ditemukan satu jenis makanan yakni kerupuk berwarna yang mengandung boraks yang berbahaya bagi kesehatan.

Kepala BPOM Batam Lintang Purbaja kepada wartawan saat melakukan Razia terhadap makanan takjil di pasar Bazar Mega Legenda mengatakan sejak awal Ramadhan, pihaknya telah melakukan pengujian sampel dan penelusuran terhadap makanan takjil disejumlah pusat bazar Ramadhan yang ada di Kota Batam.

Salah satu lokasi penjualan takjil yang diuji adalah di pasar Bazar Mega Legenda, di bazar ini beberapa jenis makanan yang diuji sampel adalah makanan yang mengandung pewarna diantaranya kerupuk, tahu, mie dan onde-onde serta makanan yang warnanya terlihat norak.

“ Dari 30 jenis makanan yang diuji lab, hasilnya negatif dan tidak ada ditemukan takjil yang mengandung zat berbahaya,” katanya.

Ia menyebut selain makanan takjil, pihaknya juga mengambil sampel untuk jenis parcel lebaran yang sudah mulai dijual di etalase toko-toko dibeberapa lokasi yang masih dalam pengawasan dan beberapa item tersebut telah diamankan hampir 100-an pcs terkait dengan pangan ilegal.

Adapun makanan yang ada di parcel tersebut diantaranya makanan kering, susu bubuk ilegal kemudian ada juga minuman.   

Ia menghimbau kepada penjual takji agar tidak mengunakan boraks ke bahan makanan yang digunakan lantaran sangat berbahaya bagi kesehatan (les)


Editor : Herry
 

Posting Komentar