-->

Ads (728x90)

Walikota Tanjungpinang Hj Rahma saat membuka Jambore Jurnalistik 2023 di Hotel Comforta Tanjungpinang, Rabu (8/3/2023) (Fhoto : Angga Prasetio/Peristiwanusantara.com) 

 

By Angga Prasetio

TANJUNGPINANG, Peristiwanusantara.com - Jurnalis dari sejumlah media massa di Tanjungpinang antusias mengikuti kegiatan Jambore Jurnalistik 2023 yang diinisiasi Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tanjungpinang.

Acara yang digelar di Hotel Comforta Tanjungpinang itu dilaksanakan selama dua hari, yang dimulai dari hari Rabu hingga Kamis (8-9/3/2023).

Adapun jumlah peserta pada jambore jurnalistik perdana yang diselenggarakan Pemko Tanjungpinang itu berjumlah 70 orang jurnalis dari 43 media online, cetak dan televisi.

Robbin Simanungkalit seorang wartawan senior di Tanjungpinang mengapresiasi Walikota Tanjungpinang dan Kepala Dinas Kominfo Tanjungpinang atas terselenggaranya kegiatan itu.

"Menurut saya sudah tepat Walikota Rahma dan Teguh selaku Kadiskominfo membuat kegiatan bersifat merangkul seperti ini, karena tidak dapat dipungkiri tanpa jurnalis dan media, informasi apapun bentuknya, baik itu pencapaian dan pembangunan tentu tidak tersampaikan secara merata ke masyarakat," ucapnya.

Ketua Seksi Advokasi Hukum dan Pembelaan Wartawan PWI Tanjungpinang yang sudah 35 tahun menggeluti dunia pers ini berharap, kegiatan positif ini dapat mempererat hubungan keduanya, antara para jurnalis dan Pemko Tanjungpinang, serta dapat melahirkan jurnalis yang profesional sesuai dengan tema kegiatan, yakni "Mewujudkan Jurnalis Profesional dan Berintegritas".

"Dan semoga kegiatan baik ini dapat berkesinambungan hingga kedepan, serta kuota peserta yang diberikan nantinya dapat bertambah lebih banyak lagi dari ini," harapnya.

Sebelumnya, Kepala Diskominfo Kota Tanjungpinang, Teguh Susanto, dalam sambutannya mengatakan bahwa Jambore Jurnalistik ini merupakan ide Walikota Tanjungpinang, untuk membangun hubungan harmonis dengan jurnalis.

“Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. Jadi ide ini kita terjemahkan dengan kegiatan Jambore Jurnalistik," kata Teguh.

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang, Rahma dalam sambutannya mengatakan bahwa jurnalis merupakan ujung tombak, dalam memberitakan pencapaian yang dilakukan Pemerintah.

"Sekuat kuatnya pemerintah bekerja membangun tanjungpinang. Harus sampai ke masyarakat, lewat pemberitaan dari media," kata Rahma.

Adapun rundown acara jambore jurnalistik 2023 dihari pertama diisi dengan pemberian materi oleh narasumber, yakni Ramon Damora dan Muhammad Manirul Ikhwan.

Dilanjutkan dengan lomba karya jurnalistik dengan pemenang mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 7,5 juta. 

Masih dihari yang sama, pada malam harinya diisi dengan malam ramah tamah Walikota Rahma dengan para jurnalis.

Kemudian dihari kedua, para peserta akan mengikuti senam pagi yang dilanjutkan dengan pembagian door prize dan pengumuman pemenang lomba karya tulis. (Angga) 

Editor : Herry 

Posting Komentar