-->

Ads (728x90)

Dibuka Oleh Jefridin, 471 Siswa Mengikuti Seleksi Anggota Paskibra Tahun 2023
Sekdako Batam, Jefiridin Hamid bersama dua siswa yang mengikuti seleksi anggota Paskibra di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Batam, Senin (13/3/2023) (Fhoto : dok Diskominfo Batam) 

By Carles

BATAM, Peristiwanusantara.com – Sebanyak 471 orang siswa SMA, SMK, MA baik negeri maupun swasta mengikuti seleksi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Batam.

Pelaksanaan seleksi anggota Paskibra Kota Batam ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Batam, Jefiridin Hamid mewakili Walikota Batam Muhammad Rudi pada Senin (13/3/2023) di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Batam.

Pembukaan pelaksanaan seleksi anggota Paskibra Kota Batam ini dilakukan Jefridin dengan menyematkan tanda peserta secara simbolis kepada dua orang peserta putra dan putri
yang disaksikan oleh sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemko Batam.

Usai kegiatan, Jefridin kepada wartawan mengatakan untuk seleksi Paskibra tahun 2023 ini dilakukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Batam tidak seperti tahun sebelumnya dilakukan oleh Dispora.

“ Atas kebijakan Walikota Batam Muhammad Rudi, jumlah peserta seleksi yang akan dipilih sebagai anggota Paskibra adalah sebanyak 60 orang. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 30 orang,” kata Jefridin.

Ia berharap seleksi ini dilakukan dengan sepenuh hati agar hasilnya bisa maksimal.

Beliau juga menyebut sama dengan tahun sebelumnya, untuk tahun ini Kota Batam juga mengirimkan 10 siswa terbaik untuk dikirim ditingkat provinsi dan nasional. Pihaknya yakin Batam juga dapat mewakili Kepri ditingkat nasional.

"Dari dua wakil Kepri yang dikirim ke nasional, biasanya minimal satu orang itu dari Batam," katanya.

Ia menyebut menjadi anggota Paskibra mempunyai manfaat sangat banyak diantaranya dapat meningkatkan kedisiplinan siswa-siswi, membangkitkan jiwa nasionalisme pada anggotanya, sebagai wahana penyaluran bakat.

Kemudian, bisa memupuk rasa tanggung jawab dan membekali anggotanya dengan berbagai keterampilan untuk menyongsong masa depan lebih baik.

"Semoga seleksi anggota Paskibra ini dapat berjalan lancar serta para peserta dapat menampilkan yang terbaik agar bisa terpilih menjadi anggota Paskibra," ucapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Badan Kesbangpol Kota Batam, Riama Manurung mengatakan seleksi ini akan dilaksanakan selama 13 sampai 16 Maret 2023.

Untuk tahun ini ada 864 siswa dari SMA, SMK, MA baik itu negeri maupun swasta yang mendaftar secara online. Tetapi yang mendaftar ulang dan dinyatakan lolos administrasi hanya separuh dari mereka yakni : 471 siswa.

Lanjutnya, untuk tahun ini jumlah Paskibra sebanyak 60 orang, 28 putra 32 putri. Kemudian untuk seleksi provinsi dan nasional sebanyak 10 siswa, terdiri dari 5 putra dan 5 putri.

Ke 471 siswa yang lolos administrasi itu, akan melewati beberapa tahapan yakni :
test kesehatan, pengetahuan umum dan pancasila dan wawasan kebangsaan, Intelegensi Umum (TIU), samapta dan peraturan baris berbaris.

“ Kami melaksanakan seleksi ini dengan sistem gugur," tutupnya. (les)


Editor : Herry


 

Posting Komentar