-->

Ads (728x90)

Menhub RI Tinjau KMP Bahtera Nusantara 03, Buatan Batam Bernilai Rp 9 Miliar
Menhub RI (No.2 dari Kiri) (Fhoto Carles/Peristiwanusantara)
BATAM, Peristiwanusantara.com – Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi akan mengundang Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk meresmikan KMP Bahtera Nusantara 03. 
 
"Bapak Presiden selalu berpesan agar melakukan suatu pekerjaan yang deliver. Hari ini sudah deliver, oleh karena itu saya mengundang Bapak Presiden untuk meresmikan kapal ini karena saya bangga kita bisa melakukan ini," katanya.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Menhub RI saat melakukan soft launching pengoperasian Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Bahtera Nusantara 03 sebagai kapal penyeberangan Ro-Ro baru, di Dermaga Penyebrangan Pelabuhan Punggur, Batam - Kepri. Sabtu, (04/02/2023)
 
Dalam meninjau KMP Bahtera Nusantera 03 tersebut, Karya Sumadi didampingi Gubernur Kepri, H.Ansar Ahmad bersama Kapolda Kepri, Irjen Pol.Drs. Tabana Bangun,M.Si, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, serta unsur Forkopimda Provinsi Kepri dan Kota Batam serta Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi.

Menhub RI Tinjau KMP Bahtera Nusantara 03, Buatan Batam Bernilai Rp 9 Miliar
KMP Bahtera Nusantara 03
Lanjutnya, kapal ini akan dioperasikan langsung oleh BUMN, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Adapun rute yang dilayaninya Tanjung Uban Bintan - Tambelan Bintan, di Provinsi Kepri, ke Sintete, Provinsi Kalimantan Barat. Rute pelayaran KMP Bahtera Nusantara 03 ini, merupakan terobosan yang mempersatukan Indonesia di wilayah terluar karena mampu mempermudah masyarakat dalam beraktivitas antarpulau.
 
"Kapal ini merupakan sebuah wujud nyata dari amanat Presiden Joko Widodo untuk bisa menyiapkan sarana prasarana untuk daerah tertinggal, terluar, terdepan, dan perbatasan," terangnya.
 
Berikutnya Gubernur Kepri menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Perhubungan yang sudah menghadirkan kapal tersebut. Luas wilayah Provinsi Kepri 96 % adalah lautan, dengan hadirnya kapal ini dapat membantu terkait urusan konektifitas.
 
"kapal yang diproduksi di Batam ini, tidak hanya diperuntukkan untuk orang, tetapi juga untuk logistik. Ini sesuai dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo untuk menjamin kebutuhan pokok masyarakat di perbatasan sebagai salah satu cara menekan inflasi dan pertumbuhan ekonomi.
 Dan berharap masyarakat Kepri dapat memanfaatkan kapal tersebut dan ketersedian logistic dapat lebih terjamin," terangnya.
 
KMP Bahtera Nusantara 03 bernilai Rp 96 Miliar,- memiliki bobot 1.500 GT, panjang keseluruhannya  71,92  meter, lebar 14 meter, tinggi: 4,6 meter, kecepatan dinas 15 knot. Kapal ini mampu mengangkut penumpang sebanyak 386 orang dan ABK 24 orang, serta kendaraan 14 unit truk besar, 12 unit truk sedang, dan 10 unit kendaraan roda 4 dan berlayar seminggu sekali. (les)



Editor : Herry

Posting Komentar