-->

Ads (728x90)

Babinsa Yudi Teguh Jadi Narasumber pada Kegiatan Program Tahunan Gugus Depan MAN I
Babinsa Desa Kelanga, Sertu Yudi Teguh menyampaikan materinya saat menjadi narasumber Kegiatan Program Tahunan Gugus Depan MAN I di RT 06/RW 03 Dusun II Setedung, Desa Kelanga, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Minggu (26/02/2024) (Fhoto : Bernard/Peristiwanusantara.com)


By Bernard
NATUNA, Peristiwanusantara.com
– Setiap Anggota Pramuka harus bersungguh-sungguh menjalankan wujud perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Harus selalu bersikap sopan santun, ramah.

Selain itu harus selalu siap membantu orang yang membutuhkan pertolongan, menghindari prilaku negatif, menjauhi penyalahgunaan narkotika, fornografi, pergaulan sex bebas, penyebaran berita bohong serta tidak melakukan ujaran kebencian.

Demikian disampaikan Babinsa Desa Kelanga, Sertu Yudi Teguh, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna saat menjadi narasumber pada kegiatan Program Tahunan Gugus Depan 01.037/01.038 MAN 1 Natuna yang dilaksanakan di RT 06/RW 03 Dusun II Setedung, Desa Kelanga, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Minggu (26/02/2024).

Dalam materinya, Babinsa Yudi Teguh juga menjelaskan tentang kepemimpinan kepada pelajar MAN 1 Natuna.

Ia menjelaskan tentang pengertian pemimpin dan kepemimpinan, tipe kepemimpinan, sifat kepemimpinan, asas kepemimpinan, tugas kepemimpinan, tanggung jawab pemimpin, pelaksanaan kepemimpinan, mengenal lingkungan, Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

“ Tujuan utama kegiatan ini yaitu untuk membina dan mengembangkan sumber daya kaum muda melalui kepramukaan agar menjadi warga negara yang berkualitas, yang mampu memberikan sumbangan yang positif bagi kesejahteraan dan kedamaian masyarakat baik lokal, nasional, maupun internasional,” katanya kepada wartawan usai kegiatan tersebut.

Menurutnya, pemberian materi yang dilakukannya itu sejalan dengan gerakan Pramuka yang menyatakan setiap Pramuka harus memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak muli, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani.

"Tidak kalah penting Pramuka harus menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama dan alam lingkungan," ujar Yudi Teguh.  (Nard).

Editor : Herry
 

Posting Komentar