-->

Ads (728x90)

Walikota Rudi Pimpin Upacara Peringatan HAB Kemenag ke 77 Tahun 2023
Walikota Batam Muhammad Rudi memotong nasi tumpeng usai memimpin upacara memperingati HAB Kemenag ke 77 di Dataran Engku Putri Batam Centre, Selasa (3/1/2022) (Fhoto : Carles /Peristiwanusantara.com)

By Carles
 
BATAM, Peristiwanusantara.com
– Walikota Batam Muhammad Rudi memimpin upacara memperingati HAB Kemenag ke 77 Tahun 2023 Tingkat Kota Batam di Dataran Engku Putri Batam Centre, Selasa (3/1/2022).

Upacara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad, unsur Forkopimda Batam, Ketua DPRD Batam, Nuryanto, para tokoh dari lintas agama, para OPD di Lingkungan Pemko Batam, juga para ASN di Kemenag Batam serta tamu undangan lainnya.

Peringatan Hari Amal Bhakti Kemenag RI tahun ini mengusung thema “ Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat”.

Dalam sambutannya Walikota Rudi membacakan langsung amanat Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas yang menyebut Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama.

Sebagai bagian dari perangkat berbangsa dan bernegara, Kementerian Agama hadir dalam rangka pelaksanaan pasal 29 Undang-Undang Dasar 1945.
Dikatakannya amanat UUD 1945 Pasal 29 menegaskan bahwa negara berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa dan negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk serta beribadah menurut agama maupun kepercayaannya masing-masing, semua warga negara wajib menghormati pilihan yang dianut satu dengan lainnya.
Ia menyebut agama dan negara saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk kesejahteraan mental dan spiritual hidup manusia.
Rudi mengajak untuk mengenal, memahami dan meresapi atau bertanya kembali mengapa dan untuk apa Kementerian Agama yang dulu bernama Departemen Agama ini dilahirkan pada 1946.
Pada peringatan HAB ke 77 tahun ini, Walikota Rudi juga mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat. Jadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.
Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Batam, Zulkarnain usai mengikuti upacara tersebut kepada wartawan mengatakan peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag ke 77 Tahun 2023 hendaknya jadi momentum untuk menjaga kerukunan umat beragama di Kota Batam.
Ia menyebut pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang cepat dan mudah.
“ Kami mengapresiasi Pemko Batam yang selama ini terus mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan Kemenag Batam karena kebersamaan merupakan kunci keberhasilan dalam membangun Kota Batam,” katanya. (Les)

Editor : Herry

Posting Komentar