-->

Ads (728x90)

Wabup Rodhial Huda : Pemkab Natuna Komitmen Menekan Angka Kemiskinan dan Stunting
Wabup Natuna Rodhial Huda  saa membuka Musrenbang tingkat Kecamatan Bunguran Timur di Hotel Trend Central, Jalan Pramuka, Ranai, Natuna, Senin (30/1/2023) (Fhoto : Bernard /Peristiwanusantara.com)

By Bernard 


NATUNA, Peristiwanusantara.com 
– Pemerintah Kabupaten Natuna mendukung program Pemerintah Pusat untuk menurunkan angka kemiskinan hingga 0% pada tahun 2024. Angka  kemiskinan ekstrem Kabupaten Natuna tahun 2022 lalu sebesar 2,65%.

“ Sedangkan angka prevalensi stunting Kabupaten Natuna tahun 2022 adalah sebesar 18%, angka tersebut hampir mendekati persentase program priotas nasional yang menargetkan angka stunting sebesar 14% pada tahun 2024 mendatang,” kata Wakil Bupati (Wabup) Natuna Rodhial Huda saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang)  tingkat Kecamatan Bunguran Timur pada Senin (30/1/2023) di Hotel Trend Central, Jalan Pramuka, Ranai, Natuna.

Dikatakannya, untuk mempercepat pencapaian tujuan pembangunan tersebut Pemerintah Kabupaten Natuna akan focus pada pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui peningkatan kualitas infrastruktur dan utilitas lainya yang berkualitas serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul melalui peningkatan akses dan pelayanan pendidikan dan kesehatan termasuk peningkatan angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Natuna yang saat ini berada pada angka 8,96 tahun atau SMP kelas 3.

“ Saya berharap melalui Musrenbang ini, kesepakatan usulan perencanaan yang dihasilkan untuk tahun 2024 merupakan usulan prioritas perencanaan yang memang merupakan kebutuhan masyarakat, dan kepada Perangkat Daerah hendaknya dapat mengambil kebijakan yang tepat dalam mengakomodir aspirasi masyarakat sesuai dengan arahan pembangunan Kabupaten Natuna yang telah ditetapkan,” katanya.

Turut hadir  dalam Musrenbang ini, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Natuna, Daeng Ganda Rahmatullah, Camat Bunguran Timur, Hamid Asnan dan para undangan.

Musrenbang Kecamatan Bunguran Timur tahun 2023 mengusung thema "Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Panguatan Tata Kelola Pemerintahan di Dukung oleh Akselerasi Kualitas Sumberdaya Manusia" .

Camat Bunguran Timur, Hamid Asnan dalam laporannya mengatakan sebelum melaksanakan Musrenbang tingkat kecamatan, pihaknya telah melaksanakan Musrenbang tingkat kelurahan dan desa.

“  Musrenbang Kecamatan Bunguran Timur hari ini merupakan aspirasi yang telah di himpun melalui musrenbang kelurahan dan desa-desa. Jadi usulan pembangunan yang akan disampaikan pada hari ini adalah program yang menjadi kebutuhan masyarakat dan memiliki urgensi yang jelas," katanya.

Melalui Musrenbang ini, katanya, diharapkan dapat menjadi wadah untuk merencanakan sekala prioritas pembangunan sekaligus mewujudkan pemerataan pembangunan hingga ke desa-desa.  (Nard)


Editor : Herry

Posting Komentar