-->

Ads (728x90)

 

Serahkan Bantuan kepada Warga yang Terdampak Banjir, Ini Instruksi yang Disampaikan Gubernur Rohidin
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memberikan arahan saat meninjau warga yang terdampak banjir di Posko Kesehatan Ujung Karang, Senin (23/1/2023) ( Fhoto : Indra Syahputra/Peristiwanusantara.com)


By Indra Syahputra

BENGKULU, Peristiwanusantara.com – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah didampingi Pj. Bupati Benteng Heryandi Roni meninjau dan menyerahkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir di Desa Taba Terunjam, Kabupaten Benteng, Senin (23/01).

Penyerahan bantuan tersebut juga dihadiri oleh Kapolres Bengkulu Tengah AKBP Dedi Wahyudi, beberapa Kepala OPD Pemprov Bengkulu dan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Benteng.

Banjir tersebut disebabkan sejak Minggu, (22/01/2023) malam curah hujan cukup deras mengakibatkan sebagian besar desa di Kecamatan Talang Kebupaten Bengkulu Tengah (Benteng) terendam banjir. Bahkan hingga siang tadi genangan banjir belum surut total dan masih banyak rumah tergenang dan beberapa infrastruktur rusak.

Saat meninjau banjir di Desa Taba Terunjam, Gubernur Rohidin saat ditemui wartawan mengatakan tiga hal terkait penanggulangan dan penanganan banjir. 

Yang pertama, beliau meminta BPBD Provinsi Bengkulu bersama BPBD Kabupaten Benteng dan BPBD Kota Bengkulu, memastikan betul penyaluran bantuan terlaksana dengan baik dan bantuan yang disalurkan bisa terkoordininir, baik melalui Pemda Kabupaten Benteng maupun Pemkot Bengkulu. 

Kemudian kedua beliau meminta dilakukan peninjauan melalui tim khusus untuk mendeteksi lebih lanjut atas penyebab terjadinya banjir di hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengkulu. Sehingga diketahui sejauh mana aktivitas pertambangan dan perkebunan itu betul-betul berdampak terhadap kejadian banjir tersebut. 

Hal tersebut menurutnya perlu dilakukan agar dapat dilakukan evaluasi bersama bagaimana tanggung jawab dari masing-masing pihak, kemudian langkah-langkah strategis apa yang bisa diambil. Sehingga ke depan banjir dapat diantisipasi.

Sedangkan yang ketiga, kata Gubernur Rohidin, terhadap infrastruktur yang rusak terutama jalan dan jembatan akibat banjir, beliau telah menginstruksikan kepada Bupati Benteng untuk berkoordinasi dengan pihak perusahaan yang ada.

"Sehingga ini menimbulkan tanggung jawab dari semua pihak termasuk dari pihak perusahaan yang ada atas bencana banjir yang terjadi," jelasnya.

Gubernur Bengkulu ke-10 ini juga meminta kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat). Sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kemudian saya minta kepada masyarakat dengan segala kesabaran untuk selalu bekerjasama dengan baik menjaga Kamtibmas," tutupnya. 

Sementara Pj. Bupati Benteng Heryandi Roni mengatakan di Kabupaten Benteng saat ini terdapat lebih dari 10 desa yang terdampak banjir, dengan lokasi banjir terbesar di 5 desa, salah satunya di Desa Taba Terunjam Kecamatan Talang Empat. 

Ia menyebut pihaknya siap melaksanakan apa yang diarahkan Gubernur Rohidin, sehingga bencana banjir bisa ditanggulangi secara baik serta keamanan masyarakat terus terjaga. (Ind)

Editor : Herry

Posting Komentar