-->

Ads (728x90)

Permainan Lato-lato, Dapat Mengalihkan Anak Bermain Handphone
Rizky bersama temannya sedang asyik bermain lato-lato, Minggu (8/1/2023) (Fhoto : Robert/Peristiwanusantara.com)

 By Robert

KARIMUN, Peristiwanusantara.com - Diawal tahun 2023, permainan lato-lato semakin viral di Indonesia. Permainan unik tersebut ternyata memiliki dampak positif terhadap kebiasaan anak-anak yaitu bisa mengalihkan perhatian anak-anak dari bermain handphone.

Penelitian sejumlah psikolog menyebutkan satu dari sekian banyak dampak positif dari permainan lato-lato adalah mengalihkan perhatian anak-anak dari kebiasaan bermain handphone.

Hal ini terbukti anak-anak mulai melupakan handphone lalu beralih ke lato-lato yang harganya sangat terjangkau.

Sepanjang siang hingga malam, lato-lato selalu dimainkan anak-anak, lokasi bermainnya juga bisa dilakukan dimanapun, baik di rumah juga saat jam istirahat di sekolah. Dari aspek perkembangan anak, lato-lato mampu melatih koordinasi mata dan motorik tangan anak dengan lato-lato di tangannya anak- anak bisa melatih irama sebuah lagu tepuk pramuka, gaya katak dan suara helikopter.

Salah seorang anak di Karimun, Rizky mengaku lato-lato miliknya selalu ia bawa ke sekolah. Pihak sekolah tidak melarang asalkan permainan lato-lato dimainkan tidak pada jam belajar.

"Saya senang bermain lato-lato dan selalu saya bawa ke sekolah dan memainkannya bersama teman-teman saat jam istirahat,” katanya,  (8/1).
 
Sejumlah pedagang lato-lato di Karimun menyarankan orang tua yang membeli lato-lato untuk putranya yang masih berusia di bawah lima tahun agar selalu mengawasi putranya saat bermain. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi bahaya saat anak belajar lato-lato. (Bert)



Editor : Herry

Posting Komentar