-->

Ads (728x90)

 

BPOM Batam Himbau Masyarakat Bijak Menggunakan Antibiotik
Kegiatan komunikasi informasi dan edukasi terkait terkait antibiotik dan juga obat-obat ilegal dan berbahaya di halaman kantor BPOM Batam di Nongsa, Kota Batam, Sabtu (28/1/2023) (Carles/Peristiwanusantara.com)


Penulis : Carles

BATAM, Peristiwanusantara.com
– Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) BPOM ke 22, Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Batam menggelar kegiatan komunikasi informasi dan edukasi, khususnya terkait antibiotik dan juga obat-obat ilegal dan berbahaya pada Sabtu (28/1/2023) di halaman kantor BPOM Batam di Nongsa, Kota Batam.

Kepala BPOM Batam, Lintang Purba Jaya saat ditemui awak media disela-sela kegiatan tersebut mengatakan antibiotik adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri, jika penggunaannya tidak tepat, beragam efek samping antibiotik bisa timbul mulai dari efek samping yang ringan hingga yang berbahaya dan berdampak besar seperti membuat bakteri menjadi kebal terhadap obat dan juga gangguan jantung.

Oleh sebab itu, beliau menghimbau masyarakat agar bijak dan mengurangi penggunaan antibiotik, pasalnya obat tersebut justru berakibat penyakit tidak kunjung sembuh.

“ Kami himbau masyarakat agar bijak  dalam penggunaan antibiotik lantaran tidak semua  penyakit sembuh dengan antibiotic,” kata Lintang Purba.

Menurutnya penggunaan antibiotik yang tidak terkendali tanpa menggunakan resep dokter dapat mengakibatkan penyakit yang seharusnya sembuh justru tidak akan sembuh.

“ Kami himbau seluruh organisasi profesi kesehatan agar tidak sembarangan memberikan antibiotic, selain itu apotik juga dilarang menjual antibiotik tanpa resep,” katanya.  (les)

Editor : Herry

Posting Komentar