-->

Ads (728x90)

Sidak ke Beberapa Pasar, Staf Ahli Bidang Perekonomian Pemkab Asahan : Lonjakan Harga Beberapa Bahan Pokok Tidak Terlalu Signifikan
Tim Satgas Ketahanan Pangan Pemkab Asahan saat melakukan Sidak harga dan ketersediaan kebutuhan pokok di Pasar Kartini, Selasa (20/12) (Fhoto : Diskominfo Asahan)

By. Dicky Syahtria 


ASAHAN, Peristiwanusantara.com – Stok ketersediaan kebutuhan pokok di Kabupaten Asahan hingga Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 masih cukup dan harganya masih stabil.

Hal itu disampaikan Bupati Asahan melalui Staf Ahli Bidang Perekonomian M Azmy Ismail kepada wartawan usai menggelar inpeksi mendadak (Sidak) disejumlah lokasi, seperti pasar Kartini, Pasar Inpres 2, Kilang Padi dan Gudang Bulog.Selasa (20/12/2022).

Sidak itu dilakukannya bersama Tim Satgas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan dan Danramil 06/Kisaran, Perwakilan dari Polres Asahan, Dinas Pertanian, Dinas Perhubungan, Dinas Kopdagin, Dinas Kesehatan Satpol PP, Bagian Perekonomian, Badan Urusan Logistik (Bulog) Badan Statistik Kabupaten Asahan, Camat Kota Kisaran Barat dan Camat Kota Kisaran Timur.

Dari sidak itu, Azmy menjelaskan secara rinci harga kebutuhan pokok yang masih relative normal, seperti harga daging ayam berkisar Rp 24 ribu,- hingga Rp 25 ribu,- per kilogram dan daging sapi harganya Rp. 130 ribu,- per kilogram.

Sementara untuk beras premium berkisar Rp. 13 ribu,- per kilogram, beras medium berkisar Rp. 11 ribu,- per kilogram, minyak goreng Rp. 17 ribu,- per liter, gula pasir berkisar Rp. 13 ribu,- hingga Rp. 14 ribu,- per kilogram dan telur ayam Rp. 53 ribu,- per papan.

Lanjutnya, untuk bahan pokok lainnya harganya juga masih normal, seperti cabe merah dijual dengan harga berkisar Rp. 40 ribu,- hingga Rp. 42 ribu,- per kilogram, cabe kecil/rawit harganya masih Rp. 50 ribu,- per kilogram, bawang merah masih dijual dengan harga Rp. 36 ribu,- per kilogram dan harga bawang putih Rp. 28 ribu,- per kilogram.

Sidak ini dilakukan atas instruksi Bupati Asahan untuk memantau kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok jelang Nataru 2023.

 "Sidak ini kami lakukan atas instruksi Bupati Asahan untuk memastikan ketersediaan dan harga kebutuhan pokok agar tidak terjadi kenaikan harga yang melonjak di luar batas khususnya menyambut Nataru yang tinggal sebentar lagi," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan hasil sidak di Gudang Bulog dan sesuai keterangan pegawainya, ketersediaan bahan pokok masih cukup hingga Nataru 2023, seperti beras saat ini ada 200 ton, stok gula ada 5 ton dan stok minyak goreng 17.000 liter.

“ Masyarakat  tidak perlu kwatir stok ketersedian kebutuhan pokok hingga Nataru 2023 masih normal,” katanya. (DS)

Editor: Heri


Posting Komentar