-->

Ads (728x90)

Ribuan Ulat Bulu Serang Desa Jagoh Kabupaten Lingga
Camat Singkep Barat, Febrizal Taupik menunjukkan lengannya yang tersengat ulat bulu saat meninjau di Desa Jagog Kabupaten Lingga, Minggu (11/12/2022) (Fhoto : Jhoni) 

By Jhoni

LINGGA, Peristiwanusantara.com
– Warga Desa Jagoh Kecamatan Dabo Singkep Kabupaten Lingga panik. Pasalnya ribuan ulat bulu tiba-tiba memenuhi kampung dan hinggap di pohon-pohon. Banyak warga yang mengalami gatal-gatal, akibat serangan ulat bulu tersebut.

Diduga akibat musim hujan dan angin kencang yang sejak dua bulan terakhir terjadi di Kabupaten Lingga menjadi pemicu ribuan ulat bulu menyerang pemukiman warga di Dusun Jagoh. Ulat bulu yang bersarang di pohon-pohon membuat warga panik.

Saat ini, puluhan warga mengalami gatal-gatal hebat lantaran gigitan maupun tersentuh ulat bulu. Tak hanya anak-anak gatal-gatal juga dialami orang dewasa.

Camat Singkep Barat, Febrizal Taupik begitu mendapat informasi banyak ulat bulu di Dusun Jagoh tersebut, ia langsung turun meninjaunya. Ia mengaku baru saja beberapa menit di dusun tersebut tangannya sudah gatal-gatal.

“ Baru beberapa menit saya tiba di dusun ini tangan saya sudah gatal-gatal,” kata Febrizal Taupik, Minggu (11/12/2022).

Saat ini, katanya, sudah ada 32 kepala keluarga (KK) dengan total 52 orang warga Dusun Jagoh terkena dampak gatal-gatal.

Camat Singkep Barat, Febrizal Taupik
Ulut bulu di dahan yang menyerang warga Dusun Jagoh, Minggu (11/12/2022) (Fhoto : Jhoni)

 

Ia menyebut pihaknya bersama dengan tenaga Kesehatan sudah melakukan pengobatan terhadap warga yang terserang oleh ulat bulu.

Selain pengobatan juga dilakukan penyemprotan racun, baik ke pohon-pohon maupun ke rumah-rumah warga. Meski hama ulat bulu menyerang belum dilakukan evakuasi terhadap warga.

“ Saat ini warga yang terkena dampak dari serangan ulat bulu sudah dilakukan pengobatan oleh pihak Kesehatan Puskesmas Raya Kecamatan Singkep Barat,” katanya. (Jhon)


Editor : Heri

Posting Komentar