-->

Ads (728x90)

 

Ini Penjelasan Lion Air Soal Pesawat Gagal Terbang di Bandara Jambi
Foto: Jean-Baptiste Accariez - Master


JAMBI, Peristiwanusantara.com - Pesawat Lion Air mengalami kendala dan gagal terbang di Bandara Sultan Thaha Saifudin, Jambi. Pihak Lion Air mengatakan pesawat itu sebenarnya sudah dipersiapkan untuk melakukan penerbangan.

"Lion Air penerbangan JT-601 rute Bandar Udara Sultan Thaha Jambi (DJB) tujuan Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK) dipersiapkan dengan jenis pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LJY. Teknisi dan pilot sudah melakukan pemeriksaan pada pesawat sebelum keberangkatan (preflight check), hasilnya pesawat aman untuk dioperasikan (airworthy for flight)," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangannya, Minggu (4/12/2022).

Karena seluruh persiapan penerbangan sudah selesai, kata Danang, seluruh penumpang pun dipersilahkan masuk. Danang mengatakan pesawat sudah didorong mundur untuk selanjutnya melakukan penerbangan, namun terjadi kendala.

"Pesawat didorong mundur (pushback) untuk bersiap menuju landas hubung (taxiway). Posisi pesawat masih berada di landas parkir (apron) atau posisi belum mengudara. Pilot tetap menjalankan sesuai ketentuan operasional. Pesawat mulai bergerak, tiba-tiba ada salah satu indikator pada kokpit yang menunjukkan salah satu komponen pada pesawat harus dilakukan pengecekan kembali," tuturnya.

Untuk memastikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, kata Danang, pilot memutuskan kembali ke apron. Pilot dan teknisi melakukan pemeriksaan yang membutuhkan waktu lebih lama.

"Dalam upaya memberikan rasa kenyamanan, seluruh tamu diarahkan kembali menuju ruang tunggu guna mendapatkan informasi dan pelayanan. Lion Air menginformasikan kepada penumpang sesuai perkembangan. Lion Air sudah memenuhi pelayanan penumpang berdasarkan standar ketentuan yang berlaku," sebutnya.

Danang mengatakan pihaknya memutuskan untuk mengganti pesawat untuk membawa para penumpang yang sudah menunggu. Pesawat itu pun sudah diterbangkan dan sampai di Jakarta pada pukul 12.50 WIB.

"Lion Air menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul, penerbangan JT-601 mengalami keterlambatan keberangkatan," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, pesawat Lion Air dengan tujuan Jambi- Jakarta sempat mengalami gangguan sebelum terbang. Gangguan itu membuat ratusan penumpang pesawat tersebut terpaksa diturunkan.

Executive General Manager (EGM) Bandara Sultan Thaha Saifudin Jambi, Siswanto mengatakan jika ratusan penumpang yang akan terbang menuju Jakarta itu sudah mendapatkan kompensasi dari pihak maskapai. Dia juga menyebutkan bahwa ratusan penumpang itu sudah terbang kembali dengan pesawat pengganti.

"Iya tadi memang ada pesawat yang gagal terbang sehingga penumpang harus menunggu dulu di bandara. Selama di bandara, penumpang itu juga sudah menerima kompensasi dari maskapai sesuai aturan yang ada seperti memberikan air mineral, snack dan ganti rugi uang," kata Siswanto dilansir detik.com. 

 

(detik.com)

Posting Komentar