-->

Ads (728x90)

 

Tim SAR Gabungan Berhasil Menemukan Dua Korban Kapal TKI yang Tenggelam di Perairan Kabil
Tim SAR Gabungan Saat Mengevakuasi Jenajah Korban Kapal TKI yang Tenggelam di Perairan Kabil Batam, Kamis (17/11/2022) (Fhoto : Ist)


TANJUNGPINANG, Peristiwanusantara.com – Tim SAR Gabungan pada hari ini Kamis (17/11/2022) berhasil menemukan dua orang korban yang tenggelam bersama kapal kayu yang mengangkut mereka saat hendak ke Malaysia di perairan Kabil Batam pada Senin (14/11/2022) lalu.

Kepala Basarnas Tanjungpinang, Slamet Riyadi melalui Ardila selaku Humas Basarnas Tanjungpinang saat ditemui sejumlah awak media melalui WhatsAppnya pada Kamis (17/11/2022) mengatakan kedua korban yang ditemukan berjenis kelamin perempuan dan laki-laki. Mereka ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. 

Tim SAR Gabungan pertama sekali menemukan korban berjenis kelamin perempuan sekira pukul 06.45 WIB di perairan Pulau Ngenang Batam. Tidak berapa lama, Tim berhasil menemukan korban kedua sekira pukul 07.30 WIB juga di perairan Pulau Ngenang Batam tidak jauh dari korban pertama ditemukan.

Setelah ditemukan, Tim SAR Gabungan langsung mengevakuasi jenajah kedua korban tersebut ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Batam.

Hingga saat ini Tim SAR Gabungan masih melakukan penyisiran di perairan Batam untuk mencari korban lainnya.  

Untuk diketahui, kedua korban bersama 6 orang korban lainnya berangkat ke Malaysia dengan menggunakan kapal kayu (loang boat) pada Senin (14/11/2022) kemarin,  sekitar pukul 21.45 WIB kapal kayu yang ditumpangi 8 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) illegal itu tenggelam di perairan Kabil, Batam, Kepri tepatnya di lokasi koordinat 01° 05'289"N 104°09'716"E.

Dari 8 orang korban, dua orang korban pada Selasa (15/11/2022) berhasil ditemukan. Salah seorang korban ditemukan terapung di laut pada koordinat 01°05'289"N 104°09'716"E oleh Kapal Mv Kasogun.

Kedua korban yang ditemukan itu, seorang berinisial Y berjenis kelamin perempuan ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dan seorang lagi bernama Raidah Ismail (46 tahun) berjenis kelamin perempuan ditemukan dalam keadaan selamat.

Kini korban kapal kayu TKI yang belum berhasil ditemukan tinggal 4 orang lagi terdiri dari 3 orang laki-laki dan 1 orang bocah berusia 3 tahun.

Lebih lanjut Ardila menjelaskan dalam melakukan pencarian terhadap korban Tim SAR Gabungan bergerak ke area pencarian sesuai Renops H3 dan area pencarian dibagi menjadi 7 sektor.

Dalam mencari korban unsur SAR Gabungan yang dilibatkan diantaranya, KanSAR Tanjungpinang, Pos SAR Batam, Pol Air Polda Kepri, Baharkam Polri, TNI AL, PLP (KPLP) Tanjung Uban dan Masyarakat nelayan setempat.

Untuk mencari korban, Tim SAR Gabungan melakukan pencarian dari darat dan laut, pencarian di darat dilakukan dengan menggunakan rescue car D-Max Pos SAR Batam dan rescue car D-Max Kansar Tanjungpinang.  Sedangkan pencarian di laut Tim SAR Gabungan menggunakan RIB 03 Batam, RIB 04 Tanjungpinang, SB PLP Unit Punggur, RIB PLP Tanjunguban, SB Polair Polda Kepri, SB TNI AL dan perahu masyarakat setempat. (Angga)


Posting Komentar