-->

Ads (728x90)

Cegah Inflasi, Kota Tebingtinggi Dialokasikan Menanam Bawang Merah Seluas 5 Hektar
Pj Walikota Tebingtinggi, Muhammad Dimiyathi Menyerahkan Bantuan Pestisida kepada Gapoktan Maju Bersama di Kelurahan Pinang Mancung, Kecamatan Bajenis, Senin (3/10/2022) (Fhoto : Ist)



TEBING TINGGI, Peristiwanusantara.com
– Dalam rangka menindaklanjuti intruksi Presiden Joko Widodo untuk melakukan pengendalian inflasi di daerah, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menerbitkan Surat Edaran agar setiap Kota dan Kabupaten se Sumut mengembangkan tanaman yang berdampak terhadap inflasi, termasuk cabai dan bawang.

“ Memang selama 4 bulan terakhir inflasi itu disebabkan oleh cabai dan bawang dan sekarang alhamdulillah keadaannya sudah turun,” kata Plt Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumut (Provsu) Hj Lusyantini saat kegiatan tanam cabai dan bawang merah dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Maju Bersama yang dilakukan Pemko Tebingtinggi di Kelurahan Pinang Mancung, Kecamatan Bajenis, Senin (3/10/2022).

Penanaman cabai dan bawang merah tersebut, juga diikuti oleh  Penjabat (Pj) Walikota Tebingtinggi, Muhammad Dimiyathi bersama Forkopimda Kota Tebingtinggi, Kadis Ketahanan Pangan (Ketapang) dan Pertanian Kota Tebingtinggi, Marimbun Marpaung dan Gapoktan Maju Bersama.

Lebih lanjut Hj Lusyantini mengatakan untuk hari ini Kota Tebingtinggi mendapat alokasi untuk menanam bawang merah seluas 5 hektar.

“ Kami harap kegiatan ini tidak berhenti sampai disini. Yang penting adalah berkesinambungan, seperti harapan Bapak Gubsu bahwa ASN juga diwajibkan menanam minimal 10 polibag cabai merah dan bawang merah,” ungkap Hj Lusyantini.

Sementara Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tebingtinggi, Marimbun Marpaung melaporkan, kegiatan penanaman bersama ini adalah, sesuai dengan Surat Edaran Gubsu untuk mewujudkan program nasional pengendalian inflasi daerah, terutama terhadap komoditi cabai dan bawang merah. Diperkirakan tanaman ini nanti di bulan Desember bisa panen dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Tebingtinggi.

“ Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumut, yang telah memberikan bantuan bawang merah 3,5 ton untuk 5 hektar. Kemudian dari APBN kita juga mendapat bantuan bibit cabai, dan ini sudah disalurkan kepada masyarakat,” katanya.

Ia mengharapkan jika kegiatan simbolik penanaman cabai dan bawang merah bersama ini selesai, diharapkan kepada seluruh kelompok tani bisa melaksanakan penanaman di lahannya masing-masing.

Ia juga menyebut pihaknya juga memberikan bantuan pestisida kepada Gapoktan Maju Bersama agar hasil pertanian memiliki kualitas dan produksifitasnya bisa terjaga, terutama dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru ke depan. (Ta)



Posting Komentar