-->

Ads (728x90)

 

Banjir Bandang Terjang Italia, 9 Orang Tewas
Ilustrasi. Banjir di Italia (Foto: Marco Bertorello/AFP)



ROMA, Peristiwanusantara.com - Hujan lebat semalaman membuat wilayah Marche, Italia tengah, kebanjiran. Akibatnya 9 orang tewas.

Dilansir Reuters, Jumat (16/9/2022), sebuah desa bernama Cantiano menjadi wilayah yang terdampak. Terlihat penduduk membersihkan lumpur dari jalan-jalan.

"Toko buah saya terbalik," kata seorang penduduk setempat, Luciana Agostinelli, kepada Reuters.

Badan Perlindungan Sipil menyebut hujan turun selama 3 jam. "Itu seperti gempa bumi," ujar Walikota Serra Sant'Abbondio, Ludovico Caverni kepada radio pemerintah, RAI.

Kepala badan perlindungan sipil nasional, Fabrizio Curcio telah bertemu otoritas lokal untuk menilai kerusakan yang diakibatkan oleh banjir.

Rekaman yang dirilis oleh pemadam kebakaran menampilkan tim penyelamat mencoba mengevakuasi orang-orang di Senigallia. Beberapa personel lainnya tengah membersihkan jalan bawah tanah dari puing-puing.

Seorang ahli lingkungan di Italian Society of Environmental Geology (SIGEA), Paola Pino d'Astore, mengatakan bahwa banjir disebabkan oleh perubahan iklim.

"Ini adalah fenomena yang tidak dapat diubah, seperti apa masa depan kita nanti," katanya.

300 petugas pemadam kebakaran dikerahkan di daerah itu. Puluhan orang terlihat memanjat atap dan pohon semalaman untuk menghindari banjir. (detik.com)



Posting Komentar