-->

Ads (728x90)

Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Telantarkan 1.600 Bibit Batang Bawah Durian Yang Dibeli dari Dana APBD 2021
Bibit Batang Bawah Durian yang Ditelantarkan Dinas TPHP Provinsi Bengkulu di  Desa Taba Lagan Jumat (26/8/2022) (Fhoto : Indra)

BENGKULU, Peristiwanusantara.com – Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu terkesan menelantarkan sekitar 1.600 bibit batang bawah durian. Padahal dana untuk membeli bibit tersebut bersumber dari dana  APBD Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran (TA) 2021 lalu sebesar Rp 100 juta,-  

Salah seorang warga yang enggan disebut namanya mengatakan Dinas TPHP Provinsi Bengkulu pada tanggal 12 November 2021 lalu menitipkan bibit batang bawah durian tersebut ke UPTD Benih Induk Tanaman Pangan Hortikultura dan Perbenihan Perkebunan (BITPHPP) Talang Aling di Jalan Raya Kembang Seri, Desa Taba Lagan Kecamatan Semidang Lagan Kabupaten Bengkulu Tengah.
 
Namun, katanya, hingga akhir tahun 2021 dan sampai saat ini bibit batang bawah durian tersebut tidak diokulasi dengan bibit batang atas agar menjadi bibit durian unggul, malah ditelantarkan sehingga bibit tersebut menjadi kadaluarsa.  

"Sampai saat ini, bibit batang bawah durian tersebut dibiarkan begitu saja dan kondisinya sudah kadaluarsa untuk diokulasi atau tidak layak sertifikasi," katanya, Jumat (26/8/2022).

Ia juga menjelaskan lantaran belum adanya serah terima dari PPTK kegiatan yang dipegang oleh Bidang Hortikultura Dinas TPHP Provinsi Bengkulu kepada UPTD akibatnya bibit batang bawah durian tersebut tidak bisa didaftarkan ke UPTD sebagai bibit batang bawah.

"Jadi dalam hal ini pihak UPTD tidak bertanggungjawab terhadap bibit batang bawah durian tersebut," tutupnya.

Hingga berita ini diupload belum diperoleh keterangan dari pihak Dinas TPHP Provinsi Bengkulu terkait masalah ini. Wartawan kami sedang berupaya mengejar untuk menperoleh keterangan terkait masalah ini.  (Tim)


Posting Komentar