-->

Ads (728x90)

Desa Kelombok Kini Dapat Menikmati Air Bersih Yang Bersumber dari Air Gunung Daik
Bupati Lingga, Muhammad Nizar Meresmikan SPAM di Desa Kelombok, kecamatan Lingga (13/11/2021) (Fhoto : Ist)

LINGGA, Peristiwanusantara.com – Bupati Lingga, Muhammad Nizar meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Kelombok, Kecamatan Lingga, Sabtu (13/11/2021).

Air tersebut bersumber dari air Gunung Daik dan  air bersih tersebut merupakan bagian dari penantian yang sangat panjang oleh masyarakat setempat.
Dalam kesempatan itu, Bupati M  Nizar mengatakan untuk peletakan pondasi awal terkait SPAM ini dilakukan pada pemerintah Alias Wello sebagai Bupati dan dirinya sebagai Wakil Bupati.

Namun, sebagai putra daerah Kelombok, dirinya diberikan kuasa penuh untuk pembangunan SPAM ini. Dan sejak terpilih kemudian menjabat sebagai Bupati Lingga, rencana pembangunan SPAM ini diteruskan hingga berhasil berdiri ditahun 2021 ini.
Ia menyebut keberhasilan membangun SPAM ini tidak hanya dirinya sendiri, tetapi berkat kerjasama, dengan Wakil Bupati Lingga, DPRD Kabupaten Lingga dan Dinas PUPR, pihak kontraktor dan konsultan.

“ Jadi memang pondasi awal itu di zamannya pak Alias Wello dan saya tinggal melanjutkan saja," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, pembangunan SPAM ini dilakukan dalam 3 tahapan penganggaran. Tahap awal ditahun 2019, dibangun bak penampungan di Bukit Cening dengan kapasitas 100 kubik / 100.000 liter. Kemudian tahap kedua pada tahun 2020 dibangun bak penampungan di bukit Desa Kelombok dengan kapasitas 50 kubik / 50.000 liter. Dan tahun 2021 penganggaran dilakukan untuk pembangunan pipa saluran air dibawah laut.

Untuk pengelolaan SPAM, Bupati Lingga meminta kepada Kepala Desa Kelombok untuk menyerahkan langsung ke pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lingga. Kemudian pihak PDAM diminta mengaju surat serta menginventarisir calon pelanggan.

"Waktunya itu mungkin satu bulan, harus disampaikan. Dan saya juga meminta untuk satu bulan nanti digratiskan air ini," pintanya.

Bupati M Nizar mengharapkan  hadirnya SPAM ini bisa menjadi solusi atas penyediaan air minum yang layak konsumsi bagi masyarakat. Dia juga meminta masyarakat terlibat dalam perawatam fasilitas SPAM agar dapat terus berfungsi dan memberikan manfaat.

"Ini murni dari dana APBD kita selain di Desa Tajur Biru yang sudah kita resmikan beberapa hari lalu. Jadi memang sangat wajib kita rawat bersama," tegas dia.

Selain air, pemerintah daerah ditahun 2021 ini juga mencatat kesuksesan dalam mencapai 100 persen desa berlistrik. Ada 75 desa di Kabupaten Lingga yang hari sudah menikmati listrik, minimal 14 jam sehari.

Sementara itu, Kepala Desa Kelombok, Idrus mengucapkan terima kasih kepada Bupati Lingga, yang bahkan merupakan putra asli dari Desa Kelombok, ata keberhasilannya, memenuhi dan mewujudkan harapan panjang masyarakatnya.

Ia mengatakan atas nama masyarakat Desa Kelombok mengucapkan terima kasih dengan bantuan air bersih dan seluruh masyarakat bersyukur di desa tersebut sudah dialiri listrik selama 14 jam. Hal ini sangat membantu sekali masyarakat Desa Kelombok dalam aktivitas sehari-hari.(Hum/Abd Kudus)

 

Posting Komentar