-->

Ads (728x90)

 

Warga Dusun Remik Harapkan Pemkab Lingga Membantu Melakukan Peremajaan Pohon Kelapa
Kebun Kelapa Masyarakat Desa Marok Kecil. Kecamatan Singkep Selatan, Lingga Yang Sudah Tua dan perlu Diremajakan (Fhoto : Abdul Kudus)

LINGGA, Peristiwanusantara.com – Masyarakat Kampung Mesrai, Desa Resang warga Dusun 02 Remik dan Desa Marok Kecil mengharapkan perhatian dari Pemkab Lingga agar membantu melakukan peremajaan kebun kelapa. Peremajaan pohon kelapa itu sangat perlu untuk mendukung produksi pabrik olahan kelapa milik Pemkab Lingga.

Dian salah seorang warga Dusun 02 Remik, Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan, Lingga saat ditemui awak media, Sabtu (25/9/2021) mengatakan sejak tahun 1973 hingga saat ini  belum ada perhatian serius yang diberikan oleh Pemkab Lingga terhadap perkebunan kelapa milik masyarakat, semua perawatan dilakukan sifatnya masih sistem tradisional dan alami.

Sofa Hasil Kerajinan Menggunakan Sabut Kelapa dari Hasil Kebun Kelapa Warga Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga (Foto : Abdul Kudus)

Ia sangat bersyukur lantaran Pemerintah telah membangun Gedung Sentral Kelapa yang berlokasi di Kampung Mesrai, Desa Resang. Warga Dusun 02 Remik, Desa Marok Kecil.

Gedung Sentral Kelapa tersebut merupakan tempat pengolahan yang menggunakan bahan baku kelapa.

"Saat ini kita sudah menampakkan hasil kerja nyata dari kelompok warga Singkep Selatan yang dibina selama ini, seperti membuat minyak goreng, membuat sofa, serta cocofeat untuk kebutuhan media tanam," kata Ali salah seorang pekerja yang sedang melakukan aktivitas di Gedung Sentral Kelapa.

Bahan baku untuk membuat Sofa, Cocofeat diperoleh dari petani setempat dan satu biji kelapa harganya Rp100,-  

“ Saat ini kami kekurangan bahan baku lantaran produksi kelapa masyarakat menurun lantaran kebun kelapa mereka sudah tua dengan demikian fungsi Gedung Sentral Kelapa tidak akan bisa maksimal. (kds)

Posting Komentar