-->

Ads (728x90)

Setiap Tahun Perairan Bintan Pesisir Cemari Limbah Minyak, Diminta Pemerintah Segera Bertindak
Limbah Yang Mencemari Perairan Bintan Pesisir, Bintan  (Fhoto : Ist) 


BINTAN, Peristiwanusantara.com  – Hampir setiap tahun perairan Bintan Pesisir, Bintan, Kepri  dikotori dengan limbah minyak yang sudah tentu merusak ekosistem dan terumbu karang dan berdampak langsung terhadap nelayan setempat.

Menurut keterangan Ketua DPW (Dewan Perwakilan Wilayah) Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Provisi Kepulauan Riau (Kepri), Syukur Hariyanto, S.IP kejadian ini masih terus berlangsung dan merusak ekosistem dan terumbu karang perairan Bintan pesisir.

“ Kejadian ini sudah menjadi langganan tiap tahun, mengotori pantai pesisir, merusak terumbu karang dan menyulitkan nelayan tradisional,” kata Syukur saat dikonfirmasi awak media melalui telepon selulernya.

Ia menyebut limbah tersebut berwarna hitam diduga keras dilakukan oleh kapal asing yang masuk keperbatasan dan membuang limbah di perairan Bintan pesisir.

“Jadi secara prosedur mereka harus mencuci tankinya di Malaysia atau Singapore, karena biayanya besar, jadi oknum-oknum tertentu melakukan di tengah laut,” tuturnya.

Ia menyebut berdasarkan informasi yang diperolehnya, oknum tersebut membuang limbah minyak tidak secara langsung, mereka bungkus dulu baru mereka buang,

Hal senada disampaikan Ketua Umum DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Kabupaten Bintan, H. Baini yang meminta agar Pemerintah Pusat maupun Provinsi Kepri untuk menindaklanjuti masalah ini.

“Sudah banyak kawan-kawan yang mengeluhkan masalah limbah ini, kalau terus berulang-ulang kasihan para nelayan dan terumbu karang di laut,” jelas Baini. (Moan)

 

Posting Komentar