-->

Ads (728x90)

Inggris vs Jerman: Rooney Sarankan Singkirkan Pemain Man City


JAKARTA, Peristiwanusantara.com - Mantan striker timnas Inggris, Wayne Rooney, menyarankan Gareth Southgate agar memainkan Marcus Rashford dan mencadangkan Phil Foden demi hasil terbaik ketika menghadapi Jerman pada babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021) di Stadion Wembley, Selasa (29/6/2021) malam.

Agar terhindar dari kekalahan dari Jerman, seperti Euro 1996, Rooney menyarankan pelatih Inggris tersebut mengubah formasi susunan pemain inti. Hal tersebut diungkapkan mantan pemain Manchester United tersebut di kolom The Times, sebagaimana dilansir dari Metro.

Rooney menegaskan, ia merupakan penggemar Grealish. Namun untuk kebaikan The Three Lions, Rooney menilai agar pemain Aston Villa itu lebih baik dicadangkan dan digantikan Rashford.

"Setelah semua perjuangan saya untuk Jack Grealish, saya tidak akan memainkannya sejak awal melawan Jerman. Dia adalah salah satu pemain terbaik Inggris melawan Republik Ceko dan pendapat saya tentang dia tidak berubah," tulis Rooney.

"Pemikiran saya sepenuhnya tergantung pada bagaimana Jerman bermain. Lawan yang berbeda menuntut pendekatan yang berbeda dan pertandingan hari Selasa (29/6) dibuat khusus untuk Marcus Rashford, tetapi tidak untuk Jack."

Alasan fundamental Rooney, melawan Jerman yang solid di setiap lini, dibutuhkan sosok yang kuat dalam penguasaan bola. Selain itu, Southgate juga butuh pemain yang punya 'lari kijang' di sisi sayap untuk mendukung Harry Kane.

"Saran saya adalah menyerang ruang di belakang sayap belakang mereka [Jerman] ketika mereka maju dan berlari ke sisi bek tengah mereka, terutama mengingat masalah Mats Hummels terhadap kecepatan," tulis Rooney menganalisis.

"Rashford sangat ideal untuk pekerjaan itu dan salah satu dari Raheem Sterling, Bukayo Saka, atau Jadon Sancho, akan melengkapi lini depan. Raheem dalam performa yang brilian dan Saka tampil mengesankan saat melawan Ceko, sementara Sancho mengenal pemain Jerman yang terbaik."

Rooney tak menyebut nama Foden, pemain Man City yang sudah mendapat menit bermain di Euro 2020. Menurut Rooney, Foden lebih baik tampil dari bangku cadangan.


 Untuk lini tengah, tiga nama: Jordan Henderson, Declan Rice, dan Kalvin Phillips. Namun, Rooney mengingatkan, gelandang yang tampil harus benar-benar dalam kondisi fit. Jika tidak, ini akan jadi bencana.

"Dalam permainan sebesar ini, di mana Jerman akan menjaga bola dan membuat Anda berlari, Anda akan menderita jika Anda tidak sepenuhnya berada di sana secara fisik," ucap mantan pemain yang merasakan 120 caps bersama Inggris ini

Jika Henderson tak siap tempur hingga 90 atau bahkan 120 menit, Jude Bellingham menjadi pilihan Rooney.

"Melawan Jerman Anda harus berhati-hati. Mereka adalah lawan terberat yang bisa menghantui Inggris pada babak kedua. Saya lebih suka [Inggris] melawan Portugal atau Prancis," tulis Rooney mengakhiri analisisnya.

(cnn.indonesia)


Posting Komentar