-->

Ads (728x90)

5 Tanda Portugal Juara Euro 2020

JAKARTA, Peristiwanusantara.com - Sejumlah tanda menunjukkan timnas Portugal bisa mempertahankan gelar juara dengan menjadi kampiun Euro 2020 (Euro 2021).

Portugal memperpanjang napas di Euro 2020 dengan melangkah ke babak 16 besar sebagai peringkat ketiga Grup F. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan ke babak gugur berstatus peringkat tiga terbaik.

Pada babak 16 besar Euro 2020 nanti, Portugal akan menghadapi Belgia yang juga diklaim sebagai salah satu calon juara Euro 2020.

Pertandingan nanti akan jadi pertemuan pertama Belgia vs Portugal di putaran final turnamen utama. Sebelumnya, Belgia vs Portugal lebih banyak berduel di kualifikasi dan laga persahabatan.

Sampai dengan saat ini, Portugal masih lebih unggul dalam pertemuan atas Belgia. Dari 18 kali duel, Selecao das Quinas menang 6 kali, sedangkan Belgia menang 5 kali.

Selain itu, dalam lima pertemuan terakhir Portugal juga menang empat kali dengan satu pertandingan lain berujung imbang.

Akan tetapi, pada Euro 2020, Belgia menjadi salah satu tim yang tampil sempurna di fase grup dengan meraih tiga kemenangan. Portugal pun diprediksi akan sulit melewati babak 16 besar ini.

Meski demikian, sejumlah sinyal menyebut Portugal bisa mengulang kesuksesan mereka di Euro 2016 dengan menjadi juara.


5 Tanda Portugal Juara Euro 2020:

1. Portugal Peringkat 3 Grup

Sebelum juara Euro 2016, Portugal juga terseok-seok lebih dahulu di fase grup. Mereka lolos ke babak gugur dengan status peringkat ketiga di Grup F. Ketika itu Portugal lolos setelah tiga kali bermain imbang.

Kondisi lima tahun silam mirip dengan situasi Portugal saat ini. Usai menang 3-0 atas Hungaria, Portugal justru dihajar Jerman 2-4, sebelum akhirnya imbang 2-2 dengan Prancis dan menempati peringkat tiga Grup F Euro 2020.

2. Menghadapi Hungaria

Sinyal lain yang bisa menunjukkan Portugal merajai Eropa adalah menghadapi Hungaria di fase grup. Di Euro 2020, Hungaria jadi lawan pertama Portugal di Puskas Arena. Ketika itu tim asuhan Fernando Santos menang 3-0.

Ketika Portugal juara Euro 2016, mereka juga lebih dahulu melawan Hungaria di fase grup. Hanya saja, nasib ketika itu berbeda dengan edisi saat ini. Di euro 2016, Hungaria menyulitkan Portugal dengan memaksa hasil akhir imbang 3-3.

3. Italia dan Prancis Juara Grup

Di Euro 2020, Prancis yang satu grup dengan Portugal menjadi juara Grup F, sementara itu Italia sukses memuncaki klasemen Grup A usai meraih tiga kemenangan dan tanpa kebobolan.

Menariknya, kondisi Prancis dan Italia yang jadi juara grup di Euro 2020 sama dengan Euro 2016. Saat Portugal juara Eropa untuk kali pertama, Italia menjadi juara Grup E, sedangkan Prancis juara Grup A. Prancis kemudian jadi lawan Portugal di final, dan Portugal akhirnya menang 1-0.

4. Spanyol Runner-up Grup

Spanyol lolos ke babak 16 besar Euro 2020 setelah menjadi runner-up Grup E. La Furia Roja bertahan di Euro 2020 usai menang telak 5-0 atas Slovakia di laga pemungkas.

Lolos Spanyol ke 16 besar sebagai runner-up grup bisa jadi tanda lain bagi Portugal juara Euro 2020. Pasalnya, Spanyol juga menjadi ruuner up grup D, ketika Portugal juara Euro 2016.

5. Ronaldo Cetak 2 Gol

Fakta lain yang mirip dengan momen kesuksesan Portugal di Euro 2016 adalah Cristiano Ronaldo yang mencetak dua gol pada laga terakhir fase grup.

Di pertandingan pemungkas Grup F, Ronaldo dua kali membobol gawang Prancis lewat tendangan penalti. Situasi yang sama dilakukan Ronaldo dengan menggetarkan gawang Hungaria sebanyak dua kali pada pertandingan terakhir Grup F Euro 2016. 

(cnn.indonesia.com)

Posting Komentar