-->

Ads (728x90)

 

4 Fakta Bansos Rapelan Rp 600.000 Cair

JAKARTA, Peristiwanusantara.com - Jelang akhir bulan Juni masyarakat masih menunggu bansos tunai turun. Sementara Pemerintah memastikan bantuan tunai Rp 300.000 akan diperpanjang untuk dua bulan, yaitu Mei dan Juni 2021. Namun, pencairan bantuan ini diketahui akan dirapel, sehingga masyarakat akan mendapatkan Rp 600.000. Karena itu Okezone telah merangkum fakta bansos tunai Rp 600.000 yang harusnya cair di bulan ini sebagai berikut.

1. Penerima Bansos

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari kembali mengingatkan masyarakat bahwa bansos tunai belum dapat dipastikan cair di tanggal 1 Juni 2021. Tapi dia memastikan pencairan akan dilakukan di bulan Juni. Penerima bantuan dapat dicek melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

Pemerintah telah memastikan bansos tunai Rp300.000 akan diperpanjang untuk dua bulan, yaitu Mei dan Juni 2021. Namun, pencairan bantuan ini diketahui akan dirapel, sehingga masyarakat dapat Rp600.000.

2. Cair Melalui Kantor Pos

Rahayu Puspasari juga mengingatkan bila ingin mencairkan bansos, KPM dapat mendatangi kantor pos terdekat setelah menerima surat pemberitahuan pencairannya. Karena Kantor Pos yang akan menetapkan jadwal pencairan.

Pencairan bansos tunai tidak boleh diwakilkan pihak lain, oleh karena itu KPM wajib membawa surat undangan dan KTP atau KK. Namun bagi KPM yang sedang sakit, lansia, dan disabilitas, petugas kantor pos akan mengantar langsung dana BST ke tempat penerima.

3. Waspada Hoax Bansos

Masyarakat harus waspada terhadap SMS ucapan selamat kepada nomor handphone tertentu. Mereka disebutkan mendapat dana bantuan sebesar Rp200 juta. Dalam SMS tersebut juga disertai link bertuliskan DANABANKES2021 dengan keterangan link tersebut untuk mendapatkan info lebih lanjut.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Rahayu Puspasari menegaskan, dalam mekanisme penyaluran harus mengikuti arahan Kementerian Sosial.

"Sehingga jika ada informasi dana bantuan seperti di atas jelas itu HOAKS," ujar Rahayu saat dihubungi beberapa waktu lalu.

4. Masyarakat Kecil Sangat Menanti Bansos Tunai Ini

Harapan masyarakat sangat besar agar pemerintah segera mencairkan bansos tunai Rp300.000. Untuk bulan ini, bansos tunai akan cair dirapel dua bulan Mei dan Juni 2021, sehingga masyarakat dapat Rp600.000

Karena masih banyak golongan masyarakat yang menjadi sangat sulit akibat pandemi Covid-19. Larangan untuk mobilisasi membuat beberapa sektor ekonomi lumpuh dan PHK di mana-mana.

Salah satu yang mengalami kesulitan hidup adalah Ketut, Ibu beranak tiga yang tinggal di Jalan Kapten Japa, Dangin Puri Kelod, Kecamatan Denpasar Timur, Bali. Biasanya Ketut mengandalkan suaminya untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Namun sejak pandemi melumpuhkan sektor pariwisata, dampaknya langsung dirasakan keluarga Ketut. Suaminya sudah satu setengah tahun tidak bekerja kembali karena kena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Ketut memohon kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Mensos Tri Rismaharini untuk segera mencairkan BST tersebut. Pemenuhan kebutuhan untuk bertahan hidup, dirasanya sudah sangat mendesak. Ditambah, situasi di Bali yang masih belum normal.

"Pak Jokowi dan ibu Mensos. Saya butuh sekali bantuan bapak untuk segera mencairkan BST. Warga Bali sudah enggak ada pemasukan ekonomi. Sepi Sekali. Tolonglah pak," katanya beberapa waktu lalu. (Okezone.com)

Posting Komentar