-->

Ads (728x90)

 

Menjelang Natal Harga Cabe Melonjak Naik

BATAM, Peristiwanusantara.com – Menjelang Natal dan Tahun Baru 2021 sebagian harga sayur mayur melonjak naik seperti cabe namuan sebagian sayur mayur harganya turun drastis.

Seperti disampaikan oleh Lena Sitinjak salah seorang pedagang sayur mayur di pasar tradisional Sagulung saat ditemui pada Kamis (24/12/2020) mengatakan sejak sepekan lalu harga cabe melonjak naik, kenaikannya 100 % seperti cabe merah semula dijual Rp 45 ribu,- kini dijual Rp 90 ribu,- perkilogramnya.

Cabe rawit semula dijual Rp 50 ribu,- kini dijual dengan harga Rp 80 ribu,- perkilogramnya. Demikian juga dengan cabe setan semula harganya  Rp 60 ribu,- kini dijual Rp 120 ribu,- perkilogramnya.

Menjelang Natal Harga Cabe Melonjak Naik

Lena menyebutkan lonjakan harga cabe itu akibat pasokan kurang, pasokan cabe didatangkan dari luar Kepri seperti Aceh, Padang dan Jawa. 

Pasokan cabe kurang dari Batam lantaran saat harga cabe murah petani di Batam enggan menanamnya.

“ Menurut pengakuan petani kepada kami sewaktu harga cabe murah pada bulan Oktober dan November lalu petani malas menanam cabe,” katanya.

Sayur kol, katanya, juga mengalami kenaikan semula dijual dengan harga Rp 6 ribu,- kini dijual dengan harga Rp 9 ribu,- perkilogram.

Sementara harga sayur-mayur lainnya, kata Lena, seperti bayam, kangkong, sawi harganya turun drastis semula dijual Rp 18 ribu,- kini dijual dengan harga Rp 5 ribu,- perkilogramnya. 

“ Pada pertengahan bulan November 2020 lalu harga bayam, kangkung dan sawi Rp 18 ribu,- perkilogram kini harganya Rp 5 ribu,-,” katanya.

Demikian juga dengan harga bawang merah juga turun biasanya dijual dengan harga Rp 48 ribu,- kini dijual dengan harga Rp 42 ribu,- perkilogramnya.

Ia juga menyebutkan sayur mayur lainnya perubahan harganya tidak menunjukkan yang signifikan seperti kentang harganya masih tetap Rp 14 ribu,- perkilogramnya.

Harga daging juga tidak menunjukkan perubahan harga yang signifikan, seperti harga daging ayam ras masih dijual Rp 32 ribu,- sampai dengan Rp 35 ribu,- perkilogram  tergantung kwalitasnya. Daging sapi gelondongan juga masih dijual dengan harga Rp 75 ribu,- perkilogramnya. (Man)    


Posting Komentar