-->

Ads (728x90)

 

Berbagai Tanaman Hias di Vivin Orchid Garden

BATAM, Peristiwanusantara.com – Ditengah pandemic Covid-19, untuk mengurangi aktifitasnya di luar rumah banyak masyarakat Batam khususnya para ibu-ibu berbudidaya dan mengembang biakkan bunga di taman atau di pekarangan rumahnya.

Bahkan tidak sedikit dari para ibu-ibu yang membudidayakan bunga dan dapat membantu meningkatkan ekonomi rumah tangganya. 

Beberapa jenis bunga yang saat ini lagi booming dikembangkan dan diperjualbelikan adalah bunga Anggrek (Orchidaceae) jenis Dendrobium, Bulan, Vanda. Kemudian bunga jenis tanaman merambat (Monstera deliciosa) seperti bunga janda bolong, sirih.

Selain itu bunga jenis tanaman perdu salah satunya, Kaktus (Cactaceae) seperti bunga Kaktus jenis Lidah Mertua juga sangat banyak pengemarnya.

Bunga Kertas (Bougainvillea), jenis bunga yang juga digemari dan kerap kali kita lihat menghiasi pekarangan rumah dan disepanjang pembatas jalan di kota Batam.

Salah satu taman bunga yang sering didatangi konsumennya adalah Vivin Orchid Garden yang terletak di Baloi tepatnya di depan Mapolresta Barelang.

Vivin Orchid Garden memiliki luas sekitar 2 hektar, membudidayakan serta menjual ratusan jenis bunga.

Wakil Direktur Vivin Orchid Garden, Indra Setiawan mengatakan tanaman hias asal muasalnya adalah tanaman hutan dari berbagai penjuru dunia.

Bahkan dibeberapa negara jenis tanaman hias dipercaya masyarakatnya membawa keberuntungan. Seperti tanaman hias Bambu Hoki yang hidup di air sebagian masyarakat China dipercaya membawa keberuntungan.

Ia menyebutkan untuk merawat tanaman hias kita harus benar-benar telaten sebab jika salah merawat bunga tersebut bisa mati sebaliknya jika kita merawatnya dengan benar bunga tersebut dapat tumbuh subur dan semakin lama usianya.

Hal yang perlu kita perhatikan dalam merawat bunga adalah media tumbuh atau disebut juga media tanam yang disenangi oleh bunga tersebut media tumbuh itu berupa tanah hitam yang banyak mengandung unsur hara, tanahnya harus memiliki PH netral sekitar 6,5 sampai 7,8. 

Selain itu penggunaan pestisida dan cairan pengkilat daun serta vitamin harus tepat dosis. Agar tanaman hias kita dapat tumbuh subur, hal yang perlu kita pahami sifat atau daya tahan tanaman hias itu terhadap cahaya. 

Ada tanaman hias Indoor yang tumbuh subur dipajang di dalam rumah, jenis tanaman hias ini tidak tahan terhadap sinar matahari penuh namun harus cukup cahaya.

Berikut ini kami jelaskan beberapa jenis tanaman hias yang dipasarkan Vivin Orchid Garden diantaranya :

1. Anggrek (Orchidaceae), Jenis Dendrobium, Bulan, Vanda, dll. 

Perawatannya sedikit manja tidak boleh kena sinar matahari langsung (12 jam terpapar sinar matahari), sangat bagus di ruanganan ber AC/adem, tanaman ini didatangkan dari provinsi Papua. Dijuar dengan harga mulai dari Rp 500 ribu,-.

 


2. Jenis tanaman hias merambat (Monstera deliciosa)

Seperti bunga janda bolong, Sirih. Bunga janda bolong sangat gampang , agar tampak menawan diberi penyangga, jika tidak beri penyangga janda bolong akan tumbuh menjalar kemana-mana. Dijual dengan harga mulai dari Rp 350 ribu,-


3. Jenis tanama hias Semak (Genus Aglaonema)

Seperti bunga Red Anjamani, Red Stardust, Sri Rezeki.  Tanaman jenis ini dapat tumbuh di luar ruangan tapi dengan suhu tidak terlalu panas. Dijual sekitar Rp 350 ribu hingga Rp 600 ribu,- tergantung besar dan keindahannya.

 

4. Jenis Kaktus (Cactaceae). 

Perawatannya dalam seminggu sekali diberi air, sekitar 4 bulan sekali diberi pupuk. Untuk harganya sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 500 ribu,-. Tergantung nilai estetikanya


4. Jenis tanaman hias Perdu (Sansevieria)

Seperti bunga Lidah Mertua, tanaman hias ini jika dirawat dengan bagus usianya bisa mencapai puluhan tahun. 

“ Disina ada bunga Lidah Mertua yang umurnya mencapai 50 tahun, untuk harganya mulai dari Rp 500 ribu," kata Indra.


4. Tanaman hias Bonsai

Tanaman Bonsai terdiri dari berbagai jenis batang pohon, diantaranya tegak lurus vertikal, berkelok-kelok, miring, sarung angin, menonjolkan akar, dll. Untuk penempatannya bisa dimana saja, sedangkan harganya jutaan rupiah.

Tanaman buah-buahan, beragam, mencapai 30 sampai 40 jenis buah-buahan. Tanaman buah-buahan ini dapat tumbuh di pot/wadah. 

“Pohon buah disini sudah berbuah semua dan yang lagi ditunggu berbuah pohon durian. Untuk harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah,” katanya.

5. Bunga Kertas (Bougainvillea)

Bunga kertas ini cabangnya dapat dibentuk sesuai keinginan kita, selain itu cabangnya saat masih mudah dapat kita sambung (kawinkan) hingga beberapa warna. Semakin besar batang bunga ini apalagi warna bunganya banyak maka harganya semakin mahal.

Untuk membentuk batang bunga kertas ini menggunakan kawat khusus sesuai dengan model yang diinginkan, seperti merawat Bonsai. 

"Pembeli kebanyakan dari lokal, beragam kalangan, ada untuk di rumah, perkantoran, dan belum lama ini kita dapat pesanan dari Kepolisian Daerah Kepri, mengantar belasan pohon bunga kertas," jelasnya.

"Selain itu, ada juga kolektor yang mana mencari tanaman langka. Dimana makin langka harga makin tinggi (Philo busi, Philodendron), serta tanaman daunnya yang lebar, untuk dijual lagi. Tanaman hias termurah mulai dari harga puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah seperti Beringin Dollar)," katanya menambahkan (IK/AP)


Posting Komentar